Apa Kabar Jiwa??

Jiwa, mengalami saat-saat bersemangat dan saat-saat loyo sehingga terkadang engkau melihatnya bersemangat mengerjakan ketaatan, amalan-amalan akherat, giat membaca Al-Qur’an, bangun malam, berzikir, berdoa, membaca berbagai macam buku, menulis yang bermanfaat, mengunjungi orang-orang shaleh, memenuhi kebutuhan kaum muslimin, bersegera mengerjakan kebajikan dan sebagainya. Namun, terkadang engkau mendapatinya dalam kondisi tidak bersemangat mengerjakan amalan-amalan tersebut.

Seorang mukmin yang cerdik adalah yang bisa memanfaatkan saat-saat semangatnya dengan sebaik-baiknya dan tidak lengah dengan kesempatan tersebut kapanpun datangnya. Ia juga tidak membiarkan ada peluang bagi setan memanfaatkannya. Kecerdikan semacam ini tidak dimiliki kecuali oleh sedikir orang yang selalu menyibukkan diri mendidik dirinya.

Oleh karenanya, wajib bagi penempuh jalan ini meletakkan pada diri mereka siasat pendidikan yang bijak untuk bisa bermuamalah dengan diri mereka sendiri sehingga bisa mensucikan dan membersihkan hatinya hingga jernih.

-Tarbiyah Ruhiyah Ala Tabi’in-

Tanyakanlah selalu kabar jiwamu, karena ia mudah sekali tertipu, terpedaya dan terlupa dari hakikat keberadaanya

Iklan
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: