Arsip untuk Mei, 2011

Satu untuk Selamanya

Assalamualaikum,.

Sahabatku ,hampir setengah periode kita bersama

Berbagai hal telah banyak yang kita lalui

Harapan besar, dari awal keberjalanan  kepengurusan ini

Kedekatan yang kemudian terjalin

Bukan hanya karena program kerja-program kerja yang ada

Namun juga karena kedekatan-kedekatan personal yang kita bangun

Melalui sikap saling mengerti dan rasa saling memahami

Bagian tersendiri dari pemaknaan arti hidup yang sejatinya menuju mati

Sebentar saja yang kiranya diisi dengan kebaikan dan kebermanfaatan robbani

Muara segala yang kemudian ada, pastinya Ridho ilahi robbi

insyaAllah,..

 

Sejatinya

Segala hal yang terjadi diwajihah harokah ini

Mulai dari yang menyenangkan sampai yang mengesalkan

Dari yang mengukir senyum sampai membuat manyun

Adalah sebagai bentuk pelajaran sekaligus perubahan kebaikan tiap individu yang ada

Untuk bisa lebih saling memahami

Untuk bisa lebih saling mengerti

Karena yang selama ini terfikirkan

Bahwasanya kebersamaan kita

Tidak hanya saat ini saja

Tidak hanya saat kepengurusan ini saja

Namun abadi, dalam jalan kabaikan sampai ke jannahNya

KITA, bersama-sama

Ohh, Alangkah indahnya saat itu tiba

 

Setiap segala yang terjadi

Pastinya terkandung hikmah didalamnya

Dari kebaikan kita belajar

Lebih-lebih dari kesalahan yang ada

Hanya bisa belajar untuk ikhlas

Untuk memaafkan segala kesalahan

Untuk memahami setiap karakter-karakter yang indah disini

 

Mohon maaf kawan kiranya banyak kesalahan

Dari lisan yang tak terjaga

Dari janji yang terlanggar

Dari hutang yang belum terbayar

Dari sikap yang kurang menyenangkan

Dan dari dosa dan maksiat pribadi  yang menutup berkah untuk wajihah ini

Kiranya masih ada disini

Bukan karena kuat, hebat dan shalehnya pribadi

Hanya karena kasih sayang Allah sajalah masih kita berdiri disini

 

Fudhail, Aku Belajar Banyak Darimu

Merasakan suatu kerinduan luar biasa untuk menulis. Berasa lama banget tidak memencet-mencet tuts laptop ini. Kangen banget. Gapapa kan ya jadi korban kerinduan saya untuk yang kesekian kali. Hehe..

Ijinkan kali ini, berbagi cerita seputar kisah para pendahulu kita. Inilah sebagian kisahnya, FUDHAIL BIN IYADH.

 

Seperti biasa, sesuai dengan profesinya, fudhail bin iyadh pergi malam-malam untuk mencari mangsa. Menjagal kafilah-kafilah dagang yang berada dalam teritori kekuasaannya . satu rombongan kafiahpun mendekat kepadanya. Salah seorang dari kafilah tersebut berkata:” mari kita istirahat sejenak disini, karena dihadapan kita akan ada orang yang  biasa membegal bernama fudhail.”

 

Tanpa sengaja, fudhail mendengarnya, tapi entah kenapa pembicaraan tersebut membuatnya menggigil gemetar sambil bicara pada mereka : “Hai kafilah dagang, akulah fudhail, teruskanlah perjalanan kalian. Demi Allah, AKU AKAN BERUSAHA SEMAKSIMAL MUNGKIN UNTUK TIDAK MENDURHAKAI ALLAH SELAMA-LAMANYA.”

 Dan fudhail pun meninggalkan apa yang biasa dilakukannya. Inilah awal petobatannya kawan.

 

Dalam riwayat yang lain, dikisahkan bahwa fudhail menjamu rombongan kafilah tersebut pada malam itu juga. Ia pun keluar untuk mencari makanan buat mereka. Setelah kembali, terdengar olehnya, suatu ayat yang kemudian benar-benar menjadi spirit perubahannya.

“BELUMKAH DATANG WAKTUNYA BAGI ORANG-ORANG YANG BERIMAN UNTUK KHUSUK MENGINGAT ALLAH??”(alhadid:16)

 

Suatu malam Ibrahim bin asy’ats mendengar fudhail membaca surat Muhammad sambil menangis. Fudhail mengulang-ulang ayat : ”Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kamu agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar diantara kamu; dan agar Kami menyatakan ( baik dan buruknya) perihal kamu”. (Muhammad:31)

 

Fudhail mendesahkan bagian ayat: ”kami menyatakan perihal (baik dan buruknya) kamu.”

 

Ia pun berujar:

 

” Engkau menyatakan Perihal kami, jika engkau menyatakan perihal kami pasti Engkau akan membuka aib kami dan menyingkap tabir kami. Jika Engkau menyatakan perihal kami pasti engkau akan membinasakan kami dan menyiksa kami.”

diulangnya kalimat ini olehnya beberapa kali. 

 

Fudhail pun pernah berkata:

 

“KAMU BERHIAS UNTUK MANUSIA,

BERPURA-PURA DIHADAPAN MEREKA,

MEMPERINDAH DIRI UNTUK MEREKA,

DAN KAMU TERUS MENERUS BERBUAT RIYA

HINGGA MEREKA MENGENALMU DAN MENYERUKAN,

”ANDA ORANG SHALEH”.

LALU MEREKA MEMENUHI KEPERLUANMU,

MELAPANGKAN MEJELIS UNTUKMU

DAN MEMULIAKANMU.

PADAHAL, ITU ADALAH KERUGIANMU!!

ALANGKAH BURUKNYA KEADAANMU JIKA MEMANG ITU YANG TERJADI.” 

“JIKA KAMU MAMPU UNTUK TIDAK DIKENAL, LAKUKANLAH.

KAMU TIDAK BERDOSA JIKA KAMU TIDAK DIKENAL;

KAMU TIDAK BERDOSA JIKA KAMU TIDAK DISANJUNG

DAN KAMU TIDAK BERDOSA

JIKA KAMU TERCELA MENURUT MANUSIA NAMUN KAMU TERPUJI DI SISI ALLAH.”

 

 

tunggu apa lagi kawan, islam telah memanggil mesra dirimu

datanglah, sambutlah ia

benar-benar KEMBALI padanya

 

Karena ku yakin

Hidayah adalah mutlak milik-Mu

Sang Maha Pembolak-balik hati

Karena menurutku

Hidayah adalah

Ketika Engkau memberikan

Pengetahuan tentang nilai-nilai

Kebaikan, kebenaran dan keindahan islam

Dan ketika Engkau

Menggerakan hati kami

Untuk menunaikan

Setiap pengetahuan yang Engkau Anugerahkan

Maka tiap saat ku berdoa

Semoga Engkau senantiasa

Memberikan Rahmat dan Hidayah-Mu

Kepada kami, semua,.

 

Batasan Sederhana Kehidupan

Aku yang terus belajar

Untuk memaknai arti hidup dan kehidupan

Dari masa ke masa lebih terlihat terang, sebenarnya

Bahwasanya jalan itu panjang

Berat lagi penuh cobaan

 

Perumpamaan menakjubkan yang kekasih tercinta ungkapkan

Saat berislam dikatakan terasing

Saat berislam laksana tangan menggenggam bara api

 

Kiranya menjadi terasing itu indah

Karena bisa selalu berdua denganNya

Yang menjadi tingkat tertinggi kerinduan diri

 

Kiranya memegang bara api menjadi tantangan

Untuk lebih mempersiapkan tangan yang lebih kuat

Dan mental yang lebih membaja

Sampai tangan ini melepuh

Sampai tangan ini meleleh lelah

Namun bara tak boleh jatuh

Apalagi dilempar ke air keruh penuh angkuh

 

Selalu ingatkan hamba akan hakekat dunia

Dunia yang menipu

Dunia yang hanya merupakan senda gurau

Dunia yang kadang tampak indah

Menutupi keindahan hakiki yang memang hanya dipahami

Oleh manusia-manusia langit berhati peri

 

Ingin kutegaskan sekali lagi

Akulah menusia paling merdeka dimuka bumi

Karena hanya menghamba untuk Dia penguasa segala

Tak perlu sedih

Tak perlu resah gundah gulana

Karena jalan takdir, sungguh telah indah tercipta

Hanya mencoba untuk memahami

Batasan sederhana kehidupan

Bagian mana yang merupakan jatah tugas yang harus dilakukan

Dan bagian mana yang merupakan kuasa Tuhan, yang pasti terbaik diberikan

Hamba tak akan memaksa, setiap keinginan yang terbesit kepadaMu

Dzat yang teramat sangat aku cinta

Hamba hanya bisa berusaha yang sebenarnya merupakan anugerah dariMu

 

Dan kiranya, setiap doa yang setiap saat  terujar kepadaMu

Menjadi pelengkap atas setiap ikhtiar dan tawakkalku KepadaMu

 

Cinta memang telah mengubah orang pelit nan kikir menjadi dermawan luar biasa

Cinta telah mengubah sang pendiam menjadi betah berbicara

Cinta telah mengubah sang penakut menjadi pemberani luar biasa

Cinta telah mengubah sang buruk tabiat menjadi berbudi mulia

Cinta telah mengubah si pandir menjadi beradab begitu saja

Cinta telah mengubah orang yang tadinya malas berhias menjadi pesolek didepan kaca

Cinta telah mengubah simiskin berlagak kaya

Cinta telah mengubah si tua berlagak muda

Cinta telah mengubah si saleh dan sopan menjadi genit suka menggoda

Cinta telah mengubah sang pecundang menjadi pemenang

Itulah cinta

ibn hazm

 

Entah, perubahan apa yang akan terjadi, jika kekuatan cinta kepada Allahlah yang senantiasa ada

 

MELIHAT LEBIH DEKAT MENCOBA LEBIH BERMAKNA

Bila kulihat kenyataan yang ada

Ketika kesadaran belum sepenuhnya tertanam

Tak wajar berharap untuk berbuat lebih

Hanya berbuat apa adanya

Tak bertenaga apalagi bermakna

Terlalu biasa untuk sesuatu yang teramat istimewa

 

Bila kulihat kenyataan yang ada

Ketika keikhlasan belum sepenuhnya tertuang

Maka semua yang engkau lakukan sekarang

Tak akan mampu menggerakan

Apalagi membawa perubahan

Untuk sebuah peradaban yang diimpikan

 

Kucoba menafikan kenyataan yang ada

Beban cinta ini terbagi merata sempurna

Sehingga tiap pundaknya laksana baja

Baja yang menanggung beban sesuai modulusnya saja

Tak mudah berkarat karena terlindung oksida ukhuwah

Kuat, tak mungkin patah tiba-tiba

 

Kucoba menafikan kenyataan yang ada

Amanah cinta ini pastinya mengakar sempurna

Sehingga harum bunga dan manis buahnya

Bisa dinikmati, bahkan oleh mereka yang tuna pancaindra

Bertenaga sempurna membawa perubahan bermakna

Peradaban islam yang mulia

 

Maka biarkan aku bertanya kepada aku dan kamu

Sudahkah hati ini berpadu satu

Mencurahkan cinta hanya kepada pemiliknya yang paripurna

Bersua hanya untuk tunduk pada-Nya, Sang Pemilik segala Maha

Bersatu hanya untuk menyeru di Jalan-Nya yang suci tak bernoda

Berikrar untuk jadi pembela syari’at-Nya yang murni tak berjelaga

 

Dan inilah doa yang aku panjatkan tiap hari

Doa yang terlafazkan dengan mengingat wajah kalian

Wajah yang senantiasa bercahaya karena cinta dan mencintai-Nya

 

KUATKANLAH IKATANNYA

KEKALKANLAH CINTANYA

TUNJUKILAH JALAN-JALANNYA

TERANGILAH DENGAN CAHAYAMU

YANG TIADA PERNAH PADAM

YA ROBBI BIMBINGLAH KAMI

 

LAPANGKANLAH DADA KAMI

DENGAN KARUNIA IMAN

DAN INDAHNYA TAWAKAL PADAMU

HIDUPKAN DENGAN MA’RIFATMU

MATIKAN DALAM SYAHID DIJALANMU

ENGKAULAH PELINDUNG DAN PEMBELA

 

 

Untuk keluarga dan saudaraku

Keluarga Mahasiswa Muslim Sipil (KMMS) ITB

Keluarga Mahasiswa Islam Fakultas Teknik Sipil Dan Lingkungan (GFTSL) ITB

Keluarga Mahasiswa Islam (GAMAIS) ITB

PPSDMS Regional 2 Bandung

Dan sahabatku semuanya

Sungguh, aku mencintai kalian karena Allah

ayo sama2 belajar

Merahasiakan Cinta

Akan menghinakah mereka yang tak kenal cinta
Sungguh, cintamu padanya wajar adanya
Mereka bilang, cinta bikin kau hina
Padahal, kau orang paling paham agama

Aku katakan kepada mereka
Iri kepadanya kalian tunjukkan selamanya
Jawabnya, karena ia mencinta
Pujaan jiwapun mencintainya sepenuh jiwa

Kapan Muhammad pernah mengharamkan cinta
Juga, apakah ia menghina umatnya yang jatuh cinta
Janganlah kau berlagak mulia
Dengan menyebut cinta sebagai dosa

Janganlah kau pedulikan apa kata orang tentang cinta
Entah yang menyapa keras atau halus biasa
Bukankah manusia harus menetapi pilihannya
Bukankah kata tersembunyi tak berarti diam seribu bahasa


*Belajar lagi tentang satu kata ini, dari seorang pecinta
risalah cinta, ibn Hazm Al-Andalusi

Sebuah Batasan Sederhana, Bingkai Kehidupan

Jika Allah sudah menjadi tujuan

Segalanya akan kita berikan

Tak ada waktu yang kita siakan

Terjal nan tajam tetap kita  berjalan

Semua karena satu, Allah sebagai tujuan

Jika muhammad sudah menjadi teladan

Tak ada lagi yang kita ragukan

Hidup indah penuh cahaya berkilauan

Sedikit bicara banyak tindakan

Semua karena satu, muhammad sebagai teladan

Jika alquran sudah menjadi pedoman

Apalagi yang kita pertanyakan?

Semua sudah jelas terangkum mencerahkan

Dari kegelapan menuju cahaya kesempurnaan

Semua karena satu, alquran sebagai pedoman

Jika jihad sudah menjadi jalan perjuangan

Semuanya akan kita korbankan

Dari waktu luang hingga semua harta kekayaan

Bahkan seribu nyawa akan kita berikan

Semua karena satu, jihad sebagai jalan perjuangan

Jika mati dijalan Allah sudah menjadi impian

Hal apa lagi yang kita takutkan?

Hidup memang layaknya istirahat dalam perjalanan

Dan semuamuanya hanya titipan melenakan

Semua karena satu, mati mulia sebagai impian

Allah ghoyatuna

Arrosul qudwatuna

Alquran dusturuna

Ajjihad sabiluna

Almautu fisabillillah

Asma amanina

Inilah azzam kami

Semesta dan cahaya menjadi saksinya!!

tribute to: para pandega SUPERGREATGAMAIS2011,PUSAT DAN WILAYAH

dan untuk mereka yang senantiasa berjuang untuk dakwah

disatubingkaikitaberjuang…

PENGEN MASUK PINTU ITU, ARROYYAN 2

Bismillah,.

bada tahmid dan shalawat..

Satu hal yang harus diperhatikan bagi mereka yang kemudian ingin melaksanakan shaum sunnah, apalagi yang sustain, istiqomah. Semuanya membutuhkan proses. Dari pengalaman, sendirinya membutuhkan waktu sekitar satu tahun untuk belajar shaum senin kamis, sudah tahukan, rasul Muhammad tidak pernah meninggalkan puasa ini sampai akhir hayatnya. Cukuplah hal ini menjadi pelecut tertinggi bagi saya untuk senantiasa menjalankan ibadah sunnah satu ini. Wong saya ingin nanti bertemu beliau diakherat kok. Mudah-mudahan ini salah satu jalannya, amiiinnn.

Dan ini beberapa tips dan trik untuk membuat kita semangat shaum sunnahnya dan mudah-mudahan membuat shaumnya terasa lebih menyenangkan dan ada effeknya.

1.       Cari ilmu/pengetahuan terkait shaum tersebut. Bisa dengan membaca buku-buku tentang keutamaan shaum, bisa buka internet, coba ketikkan shaum sunnah di  eang gugel, langsung bejibun tuh. Atau bisa juga dengan tanya kepada ustad atau teman-teman yang telah sukses shaum sunnah. Dari sini harapannya timbul keinginan yang kuat untuk belajar shaum sunnah.

2.       Luruskan dan senantiasa perkuat niat kita. Ingat, Allahlah yang langsung membalas pahala shaum kita. Dengan hitungan yang tak sanggup dihitung instrument tercanggih manapun. Upgrade our motivation everytime.

3.       Ajak teman-teman yang lain untuk shaum juga. Setidaknya ada teman seperjuangan dan ‘sependeritaan’. Saat sma dulu, langsung tuh nyari teman yang bisa diajak. Kita kemudian sama-sama berjanji buat shaum. Saling mengingatkan dan menguatkan. Indahnya kebersamaan. Bisa juga ajak keluarga terdekat. Kan lebih syahdu jika berbuka bareng keluarga. NKKBSDA, norma keluarga kecil bahasia sejahtera dunia akherat. Indah nian membayangkannya. Apalagi teman-teman di kampus gajah, tiap senin kamis ada kajian ifthor, betapa banyak saudara-saudara kita yang berpuasa. Setidaknya bisa membagi tekanan yang dirasakan. Ketika puasa sunnah menjadi budaya di kampus kita, entah, perubahan besar apa yang akan kita lakukan nanti. Makanya jadi bagian dari komunitas ini. Komunitas pecinta shaum sunnah.

4.       Ini standar sebenarnya, bagi yang newby, harus diusahakan sahur dengan makan besar. Agar tidak ada persepsi buka puasa ditengah jalan karena ada alasan yang sangat andal digunakan, tidak sahur. Kita pasti sudah pandai atur strategi agar dipenghujung malam bisa bangun dan santap sahur.bagi yang expert juga sahur sih. Lebih menguatkan. Lagian pahala mereka yang bersahur dahsyat banget.

5.       Ini juga penting nih, saat berbuka puasa, sesuai sunnahnya, awali dengan makanan yang manis, kalau bisa sih kurma, Alhamdulillah, tiap senin kamis disediain tuh di masjd salman. Kalau ga ya pake nu green tea,lo. Hindari makanan berminyak. Dan kalau makan besar, jangan terlalu kenyang. Biasa aja. Kalau biasanya 3 piring ya mangga. ^^

6.       Yakinlah kalau lagi puasa tiap amalan kita berlipat bahkan berpangkat sedemikian rupa. Perbanyak sedekah, tilawah dan senyum tentu saja. Jangan malah jadi malas-malasan. Ga produktif.

7.       Khususon ilal akhwat, buat cewe nih. Coba liat sejenak ke masa depan. Dilihat dari peluangnya, untuk cewe kedepan lebih berat tantangannya untuk shaum. Setidaknya nanti setelah bersuami, harus minta ijin suaminya kalau mau puasa sunnah. Apalagi yang berhasrat pengen punya banyak anak, saat mengandung dan menyusui tentu saja tidak feasible buat shaum. Belum lagi dikurangi masa-masa rutinitas bulanan kalian. Dari sekarang harus lebih kenceng buat shaumnya. Lebih kenceng dari kami, kaum lelaki.

8.       Terakhir, ketika kita bilang, puasa sunnah itu susah dan berat. Mungkin puasa ramadhan bisa kita jadikan tolak ukur. Saat ramadhan, 1 bulan pull kita kuat berpuasa. Belum ditambah amalan-amalan lainnya yang  biasanya melonjak. Coba kemudian pakai alasan kita tidak berpuasa sunnah untuk tidak puasa ramadhan. Masih masukkah alasan itu??

Dan ini beberapa manfaat dari melaksanakan shaum, terutama shaum sunnah:

1.       Terbukti secara ilmiah, shaum bisa meningkatkan kesehatan kita. Contoh konkret, nabi kita sakit cuman 2 kali seumur hidup. Salah satunya ya karena puasa ini. Tapi tetep ada syarat dan ketentuannya. seperti kalau buka jangan berlebihan sampai kekenyangan dll.

2.       InsyaAllah, dengan shaum bisa lebih sabar dalam menghadapi setiap ujian kehidupan. Baik berupa nikmat kesenangan maupun ujian kesempitan kesengsaraan. Shaum sarana yang sangat efektif untuk meroketkan tingkat kesabaran kita.

3.       Hawa nafsu lebih bisa terkekang. Bawaannya pengen berbuat baik terus. Kalau pengen maksiat, pas lagi puasa, setidaknya bisa di pending atau bahkan di cancel. Bahkan kata nabi, kalau kita dihina-hina sampai diajak duel, bilang saja lagi puasa. Dahsyat bangetlah pokoknya.

4.       Melancarkan rizki. Teman-teman mahasiswa kayakanya lebih paham deh. Dengan shaum, frekuensi makan kita otomatis berkurang, yang biasanya 3 kali menjadi 2 kali. Apalagi yang seneng jajan. Jadinya ga jajan kan??. Apalaigi kalau uangnya buat sedekah, nambah kenceng tuh rizkinya.

5.       Dengan shaum sunnah berarti telah berpartisipasi dalam menghidupkan sunnah rasul. Kitalah yang menjadi garda depan penghidup sunnah rasullullah. Mudah-mudahan ada pahala tersendiri dari hal ini.

6.       Bagi yang masih single, shaum sunnah sangat dianjurkan. Karena kata nabi, bisa lebih menjaga hati dan pikiran kita. Bahasa gaulnya sih, obat galau paling efektif kedua setelah *i***. Berarti yang di tag disini harusnya lebih rajin pusanya donk, termasuk yang nulisnya.

7.       Puasa tuh akselerator kebersihan hati. Setidaknya yang puasa mikir 1000 kali kalau mau maksiat. Kalau mau lihat yang nggak2 mikir. Kalau mau sms yang gak2 mikir. Kalau mau megang yang gak2 (belum mahrom) mikir. Banyak mikirnya deh. Dan ketika memutuskan buat gak maksiat otomatis, hati tercleaning service. Mantap jaya kan.

Beberapa puasa sunnah yang biasa dilakukan:

1.       Puasa senin kamis, dari namanya teman-teman tentu paham kalau puasanya dilaksanakan pada hari senin dan kamis.

2.       Puasa daud, puasanya dilakukan selang seling. Satu hari puasa satu hari berbuka.

3.       Puasa syawal, dilakukan selama 6 hari pada bulan syawal.

4.       Puasa 9 hari bulan dzulhijah, yang lebih utama pada tanggal 8 dan 9 dzulhijjahnya.

5.       Puasa tanggal 8,9,10 muharam

6.       Memperbanyak puasa bulan sya’ban

7.       Puasa pada saat pertengahan bulan hijriah, 13, 14, 15 tiap bulannya. Saat bulan mantap terangnya.

8.       Puasanya yang masih single, kalau lagi galau parah, puasa aja.

Mudah bukan tips dan triknya, semoga memberikan inspirasi. Senantiasa belajar dan belajar. Apalagi belajar buat taqorrub, mepet ke Allah. harus belajar dan berproses. Senantiasa saling mengingatkan dan menguatkan kawan. Ingat saat nanti kita sendirian di kubur dan sendirian di maksyar, cuman ditemenin amal. Dan mudah-mudahan kita bisa bertemu lagi di telaga al kautsar. Kita ‘berpesta pora’ bersama disana, bersama nabi kita, Muhammad saw. Amiiinnn…

So, Yu ah, niatkan sama-sama buat belajar puasa sunnah. Kita jadikan puasa sunnah sebagai amalan terbaik kita nanti di akherat. Karena setidaknya, ada pintu khusus di surga yang disediakan untuk mereka yang rajin berpuasa. Setidaknya menambah peluang kita memasuki surganya Allah swt, belum lagi reward-reward tambahan seperti bertemu dengan rasullullah dan para sahabatnya, dan ini, ini yang membuat semangat shaum tak pernah surut, ini yang membuat semuanya terasa mudah, kita diperkenankan bermuwajahah dengan Allah pas di akherat kelak . Tidakkah kita menginginkannya kawan??

Maka ijinkan saya berdoa:

YA ROBB IJINKAN KAMI MEMASUKI PINTU ITU, ARRAYYAN…

“Diriwayatkan dari Sahl bin Saad r.a katanya: Rasulullah s.a.w bersabda: Sesungguhnya di dalam Surga itu terdapat pintu yang dinamakan Ar-Rayyan. Orang yang berpuasa akan masuk melalui pintu tersebut pada Hari Kiamat kelak. Tidak boleh masuk seorangpun kecuali mereka. Kelak akan ada pengumuman: Di manakah orang yang berpuasa? Mereka lalu berduyun-duyun masuk melalui pintu tersebut. Setelah orang yang terakhir dari mereka telah masuk, pintu tadi ditutup kembali. Tiada lagi orang lain yang akan memasukinya” [Bukhari-Muslim]

 

“Semua amalan bani adam adalah untuknya kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya, dan puasa adalah perisai, jika salah seorang dari kalian berpuasa maka janganlah ia berkata keji dan berteriak-teriak. Jika ada orang yang mencacinya atau mengajaknya berkelahi maka hendaklah ia mengatakan, ’sesungguhnya aku sedang berpuasa’. Dan demi Allah yang jiwa Muhammad ada di tangan-Nya, sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau misk. Orang yang berpuasa mempunyai dua kegembiraan, ia bergembira ketika berbuka, dan ia bergembira ketika bertemu dengan rabbnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

inilah dia, akselerator ketakwaan yang teruji, puasa…